Diikuti 84 Peserta Perwakilan Sekolah, DLH Bengkalis Gelar Program Adiwiyata  

Diikuti 84 Peserta Perwakilan Sekolah, DLH Bengkalis Gelar Program Adiwiyata  
Sekretaris DLH Bengkalis H Andris Wasono saat memberikan sambutan dalam acara

Riauaktual.com-  Sekitar 84 orang perwakilan sekolah di Kabupaten Bengkalis mengikuti kegiatan pembekalan peningkatan pengelolaan lingkungan melalui pelaksanaan program adiwiyata, Sabtu (14/3/20) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis, H Arman AA disampaikan Sekretaris DLH H. Andris Wasono mengungkapkan terima kasih atas kehadiran tamu undangan dan narasumber serta 84 peserta dari perwakilan sekolah kabupaten Bengkalis yang telah hadir.

“Bahwa Kementerian Lingkungan Hidup telah meluncurkan program adiwiyata sejak 2006 lalu dengan tujuan sekolah peduli dan berbudidaya lingkungan. Tahap pelaksanaannya mulai dari pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional dan mandiri,”ungkap mantan Sekretrais Dispora kabupaten Bengkalis ini.  

Dikatakanya, setelah dilakukan pembinaan, secara berjenjang mulai dari tim pembina harus menindaklanjuti dengan menganalisis penilaian untuk mengetahui capaian kinerja sekolah dalam pelaksanaan adiwiyata tersebut.

"Dalam peraturan pemerintah tentang standar nasional pendidikan. Upaya yang dilakukan melalui program adiwiyata perlu mendapat dukungan dan partisipasi semua pemangku untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan," ujar mantan Kabag Humas Pemkab Bengkalis ini.

Ia juga mengatakan, dalam panduan adiwiyata ini dapat dijadikan acuan bagi pemangku pendidikan di pusat maupun di daerah dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan mewujudkan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.


"Pedoman pelaksanaan program adiwiyata diantaranya, komponen kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, serta komponen pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan," imbuhnya.

Kegiatan Program Adiwiyata ditaja Pemerintah Daerah Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis itu turut hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau di wakili Sekretaris Mulyani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis di wakili Sekretaris Andris Wasono, Kepala Dinas Pendidikan di wakili Kasi Kurikulum Penilaian Mukhtar, Kepala Kantor Kementrian Agama Bengkalis yang diwakili Abdul Khaidir, puluhan peserta dari sekolah se- kabupaten Bengkalis, serta tim Penilai Adiwiyata dan beberapa perwakilan Universitas yang ada di kabupaten Bengkalis. (har)

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index